Samsung 4G Kisaran 2 Juta


 News Tekno - Mencari ponsel Samsung dengan kemampuan 4G yang kisaran harganya 2 juta saja?

Mungkin beberapa tahun yang lalu, pertanyaan tersebut agak sulit untuk dijawab. Namun sekarang, kami yakin setiap konter hape bisa menjawabnya dengan mudah.

Kemampuannya tidak jauh beda dengan seri sebelumnya yang dibanderol lebih tinggi. Mungkin sekarang harganya sudah hampir sama ya. Tapi dengan range harga yang tidak jauh beda, rasanya ponsel besutan Samsung ini mendapat nilai lebih ketimbang kakaknya.

Spesifikasi Samsung Galaxy J5 menarik untuk dicermati lebih jauh. Ada beberapa point yang perlu dibahas disini. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan seberapa pantas ponsel tipis ini layak untuk disunting.


Dimensi and Style





Akhirnya, Samsung Galaxy J5 secara resmi diluncurkan di Indonesia. Desainnya bisa disebut "Samsung Banget". Kenapa begitu? Karena sekilas pandang akan sulit untuk membedakan penampakannya dengan seri Samsung Galaxy yang lain. Bahkan parahnya, lihat gambar diatas, kami langsung merasa sangat familiar dengan warna dan bentuk seperti itu. Sebelum era Android, waktu masih dikuasai Nokia, kami pernah melihat Samsung berkostum seperti itu.

Mungkin memang branding itu yang mereka inginkan, ya. Okelah.

Uniknya, tepi pinggirnya - frame chromenya itu - kembali membulat. Sudah seperti Galaxy klasik terdahulu. Seperti Galaxy S3 atau Galaxy Note generasi pertama, sehingga rasa-rasanya sudah langsung nempel di hati. Atau malah mungkin terkesan hape jadul di era modern gitu ya.


Covernya bukan plastik biasa. Tapi pewarnaan dan teksturnya semacam mirip mutiara. Tau kan warna mutiara. Putihnya ngga putih kertas gitu. Tapi, putih yang... gitu deh. Kalau yang item, cek sendiri ya. Yang pasti, Samsung dari dulu sampai sekarang selalu menampilkan dirinya sebagai ponsel mewah. Sehingga desainnya selalu elegan. Mungkin ini citra yang ingin mereka pertahankan di setiap produk yang diluncurkan. Buktinya, Desain Samsung Galaxy J5 udah terlalu mirip ponsel pendahulunya.

Bobotnya cukup berat. Di tabel resminya tertulis 146 gram. Entah benar tidaknya, angka segitu perlu ditimbang lebih lanjut. Tapi fakta ketika di tangan, Samsung Galaxy J5 terasa berbobot dan terkesan bukan hape mainan. Sehingga, kata pertama yang muncul dari dalam hati adalah "Ini beneran hape".

LED notifikasi dan lampu backlight di tombol capasitive bawah layar, harus absen di Samsung Galaxy J5. Entah kenapa dihilangkan. Padahal kami yakin, penggunaan ponsel ini tidak dibatasi pada terang hari saja. Pasti bisa dioperasikan pada malam hari juga. Penting-ngga penting sih lampu backlight pada tombol, tapi jika ditambahkan pada ponsel pastinya akan sangat membantu penggunaan pada malam hari dengan sinar lampu yang kurang.

Letak speaker berada di belakang, tepatnya di sisi kamera utama. Bisa dibilang, ini peletakan speaker yang benar. Lha gimana, biasanya vendor ponsel lain meletakkan speaker di atas atau bawah atau di sisi samping, sehingga terkadang tertutup jari saat menggenggam. Lebih-lebih saat main game. Iya kan? Hal tersebut terkadang membuat suaranya jadi ngga maksimal. Seperti diredam. Karena penempatan speaker di belakang, maka suara yang dihasilkan akan keluar maksimal.

Dari sisi desain, kamu-kamu pengguna Samsung akan sangat familiar terhadap Samsung Galaxy J5 ini. Mulai dari desain yang klasik elegan, standart built quality, letak modul-modul dan kamera, sampai ke beratnya yang.. cukup berat. :v

Baca Juga : Inilah Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8

User Interface

Samsung Galaxy J5 menggunakan Android Lollipop versi 5.1.1 yang pastinya sudah lebih stabil. Seperti yang dijelaskan diatas, User Interface Samsung Galaxy J5 juga membuat kita langsung familiar dengan khas Samsung.

Yang terbaru adalah fitur Smart Manager. Adalah fitur seperti aplikasi manager yang menggabungkan optimasi RAM, baterai, bersih-bersih file sampah, keamanan dan anti virus. Fitur ini akan membantu menjaga Samsung Galaxy J5 pada level terbaiknya. Sehingga buat kamu yang demen instal aplikasi bersih-bersih sampah dan anti virus, dengan Galaxy J5 ini ngga perlu melakukannya. Sudah built in, sob.

Juga sudah ada Theme Store. Yang theme gratisannya ada banyak banget. Tinggal pilih sesuai selera. Dan Theme ini bukan theme yang hanya ganti wallpapper lho ya. Tapi theme yang akan mengganti semuanya. Ngga cuma gambar. Seperti, logo shortcut aplikasi, dialer, tampilan keyboard, SMS, sampai pada kalkulator semua berubah. Semua berubah semenjak kamu memilih theme kesukaanmu, bukan pada saat negara api menyerang. :D

Ini penting, Proses Booting-nya terbilang cepat. Start dari posisi kita nyalain handphone sampai nangkap sinyal berkisar antara setengah menit lah. Cepat kan. Ini penting ini.

Display

Pada sektor Display, cukup menarik. Pasalnya begini, Samsung ngasih panel layar Super Amoled pada ponselnya yang pas launching harganya dibawah 3 jutaan. Jarang-jarang lho ini sob. Kalau disuruh milih, jelas lah milih ponsel berlayar Super Amoled ketimbang TFT IPS. Kenapa?

Karena punya kedalaman warna hitam yang lebih pekat, kontras yang lebih nonjok, refleksi cahaya dari luar yang bisa diminalisir, juga bisa dilihat dari sudut paling nyudut sekalipun. Maksudnya, bisa kamu lihat tampilan layar Super Amoled bahkan saat kamu miringin, gitu. Jadi ngga harus menatap layar lurus dari depan. Dari samping sudah terlihat jelas.

Dan Super Amoled yang dipasang di Samsung Galaxy J5 ini sudah memenuhi hal-hal yang tertulis diatas. Kerapatan pikselnya juga oke kok. 294 ppi. Layar 5 inci HD sudah sesuai kelasnya. Layarnya terasa solid tapi nyaman disentuh. Responsifitas terhadap sentuhan juga sudah sangat baik.




Tapi ada minusnya. Ambient Light Sensor, itu lho sensor intensitas cahaya ruangan yang membantu layar menampilkan kecerahan tertentu agar nyaman di mata, tidak ada. Sehingga kita harus menggeser-geser secara manual brightness agar sesuai dengan mata kita. Hal ini agak mengecewakan. Karena setiap pindah tempat, dari outdoor ke indoor misalnya, kita harus mengganti brightness secara manual. Gitu terus sampai kita manula.

Meski ketiadaan ambien light sensor ini pada Display, namun pemberian layar Super Amoled 5 Inci HD pada Samsung Galaxy J5 ini cukup membuat penyuka Samsung tersenyum lebar. Lha harga yang miring tapi sudah dapet Super Amoled. Mana ada yang begicuu.

Baca Juga : 4 Handphone Tahan Air dibawah 2 Juta?

Hardware

Pada Samsung Galaxy J5 disediakan RAM 1,5GB yang pada pertama kali mengetahuinya, kami mengerutkan dahi. Kenapa ngga sekalian 2GB gitu. Tanggung banget ya. Apalagi tuntutan multitasking masa kini sudah sedemikian pentingnya. Tapi tunggu dulu, jangan langsung protes. Kita lihat lebih jauh.

Awalnya memang pesimis. RAM segitu mana bisa mengurus kebutuhan multi tasking. Tapi pada kenyataannya, kami dibuat terkejut. RAM yang hanya "segitu" bisa menjalankan game yang lumayan berat dan perpindahan aplikasi yang lumayan banyak. Dan terpenting, perpindahan itu sangat smooth. Saat ngobok-obok daleman UI terasa ringan dan tokcer. Kalian juga pasti akan terkejut, karena dibandingkan dengan ponsel berprosesor sama - Snapdragon 410 - lainnya, Samsung Galaxy J5 lebih smooth saat menjalankan game yang sama.

Jadi ketika mengetahui kelebihan ini, kami menduga, bobot Samsung Galaxy J5 yang berlebih ini dikarenakan menggunakan heatsink yang mumpuni untuk mengurangi panas, Efeknya, temperatur body terasa lebih adem ketimbang yang lain meski sudah digunakan main game berlama-lama. Efek ademnya itu, membuat kinerja perangkat Samsung J5 menjadi lebih optimal. Sehingga multitasking berjalan mulus dan ritual main game menjadi khusyuk dan menyenangkan.

Sudah support dual SIM dan yang terpenting sudah support 4G LTE di dua sim tersebut. Ini penting. Karena kita bisa sesuka hati untuk memilih akan menggunakan provider yang mana untuk berselancar di dunia maya. Tidak seperti ponsel lain yang hanya support 4G pada salah satu slot SIM saja. Sehingga kita merasa terpenjara sepi saat harus dipaksa menggunakan satu slot SIM 4G.

Memory Internal yang disediakan sebesar 8GB hanya tersisa kurang lebih 3,5GB saja. Namun, syukur banget, bisa memindahkan file ke microSD tanpa harus ngeroot segala. Dan berita bagusnya, Samsung Galaxy J5 sudah support USB OTG. Hal ini memungkinkan kita memindahkan file-file penting ke dalam flashdrive dengan mudah. Sehingga memory akan longgar kembali.

Berita bagus lainnya adalah baterai yang tahan lama. Cukup untuk browsing, chating dan penggunaan standar lainnya selama seharian penuh. Tapi untuk pemakaian berat semisal main game berlama-lama, mungkin hanya sampai tengah hari. Setelah itu harus dicharge lagi deh baterainya.

Yang lebih menyenangkan. Jika kamu tinggal tidur semalam, baterai Samsung Galaxy J5 hanya akan berkurang antara 3-5 persen saja. Wuehehehe, ini lumayan menjadi pembeda ya. Jadi kalau kita lupa ngechage, baterai Galaxy J5 hanya berkurang sedikit saja.

Jadi spesifikasi Samsung Galaxy J5 pada sektor hardware ini sangat memuaskan. Kita bisa berlama-lama menggunakan ponsel ini karena panas yang dihasilkan tidak tinggi, kinerja cepat untuk multi tasking, baterai stand by lama, support dual SIM 4GLTE, support USB OTG, cukup menjadikan alasan untuk memilihnya.

Kamera


Tunggu dulu, kita cek sektor pengabadi Selfie. Sektor yang pasti paling banyak ditanyakan kepada mas-mas konter hape. Sektor manalagi kalau bukan KAMERA.

Pada sektor ini, kita layak untuk menyematkan kata WOW besar kepada Samsung. Pada produk mereka kali ini, Samsung Galaxy J5 disematkan dua kamera yang wow banget. Keduanya memiliki penunjang yang sama. Spesifikasi kamera Samsung Galaxy J5 pada kamera utama sebesar 13MP dengan flash dan resolusi video FullHD serta f/1,9. Sedangkan pada kamera depan, senjata utama para Selfie Mania, spesifikasi kameranya sebesar 5MP + Flash dan resolusi video FullHD dan f/2,2.

F/1,9 diatas maksudnya adalah satuan diafragma pada lensa kamera. Bukaan lensa yang diameternya semakin besar akan mampu menangkap cahaya lebih banyak yang sangat dibutuhkan pada kondisi atau mode low light. Sedangkan f/1,9 biasanya hanya ada pada kamera ponsel highend macam Samsung Galaxy S6 dan jarang ada pada ponsel middleend macam Samsung Galaxy J5 ini.

Baca disini : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy S6 Edge




Hasilnya, jepretan kamera Samsung Galaxy J5 ini tergolong sangat memuaskan. Untuk kelasnya. Punya ketajaman yang baik dan rendering warna yang natural tanpa dioprek dengan aplikasi pengolah gambar untuk memboosting pewarnaannya. Untuk berbokeh ria, mantab hasilnya. Dalam kondisi low light, lampu flash wajib nyala. Untuk membantu asupan nutrisi cahaya untuk sensor kameranya demi menghasilkan gambar yang jelas dan keren.

Seperti yang ditulis diatas. Kamera depan udah 5MP ditambah flash dan lensa wide angle untuk selfie rame-rame. Hasil jepretannya, oke. Meski tetep butuh pencahayaan ruangan yang memadai untuk menghasilkan gambar yang optimal.

Mode pada kamera ngga neko-neko seperti fitur kamera ponsel lain. Tapi ada mode PRO yang akan memberikan keleluasaan pengambilan gambar macam para photografer profesional. Hanya mode HDR yang tidak ditemukan disini.

Ada fitur quick launch kamera dengan cara double tap tombol home dan taraaaa, aplikasi kamera terbuka secara cepat untuk kebutuhan mengabadikan moment yang butuh disegerakan.

Jadi pada sektor kamera, Samsung Galaxy J5 ini mempunyai kamera yang dapat dipertanggung jawabkan kualitasnya, so Galaxy J5 sukses memberikan kejutan yang manis buat pecintanya.

Sedikit kesimpulan

Samsung Galaxy J5 menunjukkan pengalaman Samsung dalam meracik hardware yang ngga wah banget namun ketika berada di tangan vendor yang berpengalaman, maka hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang menakjubkan.

Kinerja hardwarenya menurut kami cukup memuaskan. Layarnya juga enak. UI responsif dan gesit, kamera bagus, Built Quality berbobot, konektifitas 4G LTE yang tidak pilih kasih, sampai pada sektor asupan daya yang tahan lama, serta panas berlebih dan satu hal : ponsel ini sudah Made in Indonesia.

Meski ada yang kurang, sensornya kurang lengkap, desain yang belum ada terobosan masih itu-itu aja, tidak adanya backlight pada tombol capasitive yang menurut kami penting, serta lampu notifikasi, bisa menjadi catatan kecil yang bisa bikin gemeeees.

Galaxy J5 ini untuk ukuran brand Samsung, terbilang MURAH. Namun bukan smartphone terbawah untuk kriteria seperti spesifikasi yang diberikan. Stabilitas harga apabila kita ingin menjual kembali Samsung Galaxy J5 mungkin bisa menjadi tambahan point plus.

Mungkin itu sedikit informasi buat membantu mengetahui Samsung Galaxy J5 ya sob. Maaf untuk salah-salah kata atau kurang akuratnya ya.

Saran Editorial

 
Top