Harga Xiaomi Redmi 3 dan Spesifikasi Terbaru


News Ponsel - Baru saja Xiaomi meluncurkan Xiaomi Redmi Note 2, tapi belum juga berselang setengah tahun, mereka kembali menghadirkan Xiaomi Redmi Note 3. Apa dan bagaimana performa Redmi 3 ini? Apakah beda dengan pendahulunya ataukah malah sama saja? Simak tulisan dibawah ini hingga tuntas ya.

Xiaomi Redmi Note 3 hadir kehadapan pecintanya dengan karakter yang premium. Memilih desain body yang unibody alias menyatu, Xiaomy Redmi 3 juga tampil menggunakan bahan metal untuk melindungi bagian dalamnya. Pilihan warnanya pun premium. Ada tiga varian warna, Silver, Gray dan Gold. Semuanya tampil begitu elegan dan high class.


Xiaomi Redmi Note 3 tersedia dalam dua versi memori. Yang pertama adalah RAM 2GB dengan storage 16GB dan yang kedua adalah RAM 3GB dengan storage 32GB. Kamu mau pilih yang mana?

spesifikasi xiaomi redmi note 3


Desain Xiaomi Redmi Note 3 memang menarik. Dimensinya yang 150 x 76 x 8.7 mm terasa nyaman dalam genggaman. Meski untuk mereka yang gampang berkeringat hal ini menjadi sedikit kendala karena keringat tersebut membuat licin bodynya yang terbuat dari metal. Pada bagian depan, tiga tombol diberi backlight untuk memudahkan penggunaan saat malam hari.

Xiaomi Redmi Note 3 mempunyai layar 5,5 Inci yang beresolusi FullHD. Untuk menambah performa layar, Xiaomi menyediakan konfigurasi warna dan kontras di menu Pengaturan. Hal ini sangat membantu pengguna yang ingin memaksimalkan ponsel mereka.

spesifikasi xiaomi redmi note 3


Pada bagian belakang ponsel, akan ditemukan tiga bulatan. Kamera belakang, dual tone flash dan sensor sidik jari. Mengenai sidik jari ini, Xiaomi Redmi Note 3 bisa menyimpan sampai 5 sidik jari.

spesifikasi xiaomi redmi note 3

Sidik jari tersebut bisa digunakan untuk membuka lock screen ataupun keluar dari child mode. Sehingga tidak perlu menekan tombol power untuk membuka lock screen. Cukup sentuh sensor sidik jari kemudian dengan sangat cepat, Xiaomi Redmi Note 3 membaca dan membuka layar. Jika masuk pada Child Mode, penggunanya tidak bisa keluar. Bahkan tombol exit juga tidak berjalan. Dengan menyentuhkan jari ke sensor sidik jari, child mode bisa ditutup. Tapi fitur sidik jari ini tidak bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi lho.

spesifikasi xiaomi redmi note 3


Xiaomi Redmi Note 3 memberikan kebebasan menikmati jaringan 4G LTE dengan Double SIM Card 4G LTE Support-nya. Disini kita bisa menggunakan dua provider layanan internet cepat dengan nyaman. Hanya saja, slot Micro SD yang biasanya tergabung dalam slot SIM Card dikorbankan. Alhasil, Xiaomi Redmi Note 3 tidak memiliki memory eksternal. Sebagai gantinya, pada spesifikasi ponsel terbaru ini diberikan memory internal sebesar 16GB atau 32GB.

Artinya kita sebagai penggunalah yang harus rajin memindahkan data atau image ke komputer atau menyimpannya ke flash drive. Namun jika ingin lebih nyaman, kita bisa mengunggah file tersebut ke cloud atau dropbox. Sehingga bisa setiap saat membuka dan melihatnya.

Secara default, Xiaomi Redmi Note 3 mengusung MIUI 7.0 dengan OS Android 5.0.2. Sangat direkomendasikan untuk diupgrade ke MIUI 7.1. Hal tersebut dikarenakan ada bugs yang sangat mengganggu pada MIUI 7.0. Sedangkan MIUI 7.1 berjalan dengan smooth di Redmi 3 ini.

MIUI itu sendiri terkenal memiliki banyak customisasi. Pada MIUI 7.1 pilihan theme dan jenis font semakin banyak dan bervariasi sehingga kita bisa bebas memilih mana yang kita suka.

Konsumsi RAM Xiaomi Redmi Note 3 tidak terlalu boros. Pada versi RAM 3GB, kapasitas yang tersisa sekitar 1,6GB. Namun jika menjalankan aplikasi game atau aplikasi lain sekira 3 aplikasi, RAM yang tersisa hanya 1GB saja. Jika ingin lebih optimal, ada baiknya hapus saja aplikasi bawaan yang tidak kita kenali kegunaannya. Biasanya Xiaomi memberikan aplikasi yang masih menggunakan bahasa Cina. Bagi yang ngga tahu dan ngga bisa bahasa cina, mungkin menghapusnya adalah pilihan cerdas. Selain karena terkendala bahasa, memori bisa ditambahkan dengan menghapus aplikasi tersebut.

Buat kamu yang demen banget chat menggunakan aplikasi. Sebaiknya kunci aplikasi tersebut agar tidak tertutup. Karena jika tertutup, notifikasi tidak akan masuk sampai kamu membuka kembali aplikasi chat kesayanganmu. Hal ini memang sedikit merepotkan. Di satu sisi, kita membutuhkan RAM yang tidak sedikit sedangkan di sisi lain kita membutuhkan notifikasi apabila ada yang menghubungi. Tapi kabar baik untuk kamu yang tidak ingin diganggu dengan notifikasi apapun saat berangkat tidur. Dengan tetap menyalakan ponsel namun mematikan aplikasi chat, maka tidur nyenyak bisa dilakukan tanpa mematikan ponsel agar bisa dihubungi via telepon.

Tak ketinggalan, ada mode one hand operation yang akan memudahkan penggunaan ponsel Xiaomi Redmi Note 3 dengan satu tangan. Layar akan mengecil dan berada di sisi kanan sehingga sangat mudah dijangkau dengan jari. Layar yang lebar tidak akan bermasalah lagi.

spesifikasi xiaomi redmi note 3

Xiaomi Redmi Note 3 berlari menggunakan prosesor Octa-Core Helio X10 2GHz MediaTek sama dengan prosesor Redmi Note 2. Untuk menjalankan MIUI 7.1 performa sangat baik dan optimal. Begitu pula dengan score Benchmark yang mendekati angka 50ribu. Hampir mendekati CPU Snapdragon 810 dari Qualcom.

spesifikasi xiaomi redmi note 3

Tapi jangan terlalu berharap spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 sanggup menjalankan game berat, ya semacam game Sniper. Silakan berfikir ulang. Mediatek Helio X10 memang kencang. Tapi untuk sebagian game semacam sniper tadi, harus diset pada kualitas grafis medium agar bisa bermain dengan nyaman. Pasalnya, setiap menampilkan visual yang lumayan kompleks frame per sekondnya langsung turun. Pada efek visual salju misalnya.

Kapasitas baterai Xiaomi Redmi Note 3 cukup besar, 4000mAh. Diatas kertas terlihat menjanjikan untuk mensuplai daya selama seharian penuh. Tapi nyatanya, ketahanan baterai hampir sama. Menggunakan SIM Card dengan jaringan 4G LTE, sesekali main game, chat dengan kawan di media sosial, screen ontime hanya tiga hingga empat jam saja. Mungkin ekspektasi kita terlalu tinggi untuk ketahanan baterai. Harus menyiapkan power bank lagi.

Baca juga : Power bank Tenaga Surya Recomended

Xiaomi Redmi Note 3 punya kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP. Untuk performa kamera, sangat baik meski kualitas hasil jepretannya tidaklah istimewa. Cukuplah untuk kebutuhan harian media sosial. Bukankah jika semakin bagus hasilnya, size foto juga semakin besar.

Karakter kameranya sesungguhnya menghasilkan saturasi warna yang berlebihan. Sehingga tampak tidak natural. Seringkali tangkapan kamera lebih kinclong dari aslinya. Tapi karena hal ini bisa diseting lagi pada saat sebelum pengambilan gambar, jadi tidak mengapa.

Menariknya, pada sektor kamera ini bisa merekam video slow motion 720p dengan 120fps serta video timelapse dengan interval 0,06 hingga 60 detik.

Dibanding Redmi Note 2, performa Xiaomi Redmi Note 3 bisa dibilang sama saja. Jadi kalau sekarang sudah menggunakan Redmi Note 2, saran saja sih, tidak perlu upgrade ke Xiaomi Redmi Note 3.

Tapi jika ponselmu belum memiliki fitur sidik jari dan ingin mencobanya, Xiaomi Redmi Note 3 bisa menjadi pilihan paling baik untuk dimiliki. Apalagi ponsel ini memiliki performa merata di segala sektor.

Harga Xiaomi Redmi Note 3


Harga Xiaomi Redmi Note 3 bisa berbeda-beda di setiap distributor. Kamu bisa cek di Lazada.co.id apabila terbiasa dan senang belanja disana. Kalau tidak salah, ada yang memberikan diskon menjadi sekitar Rp.2 juta sekian.

Sedang jika kamu suka belanja di Blibli.com, disana kalau masih ada diskonnya bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek Rp. 2.999.000.

Mungkin kamu ingin baca : Harga dan Spesifikasi Apple iPhone 5S 16GB iPhone Tertipis Teringan dan Tercepat

Saran Editorial

 
Top