Harga dan Spesifikasi LG Magna

LG Magna

News Ponsel - Desain LG cukup inovativ, orisinal dan keberanian tampil bedanya perlu diberi apresiasi. Desain floating arc, penempatan tombol di punggung layar dan Metallic Skin yang iconic membuktikan walau tampil beda, namun ternyata desain nyelenehnya LG tetap bisa diterima oleh pasar. Dan bahkan ditiru oleh vendor lain, seperti Asus Zenfone 2. Karena kesuksesannya tersebut, kayaknya LG makin pede dengan kembali tampil beda pada beberapa produk keluaran terbarunya. Termasuk LG Magna ini, yaitu layar yang sedikit cekung atau istilah kerennya Softly Curved Display. Emang apa ngaruhnya kalau layar cekung?


LG Magna

Memang ngga banyak sih, tapi setelah beberapa hari menggunakan LG Magna dengan layar cekungnya ini, terasa lebih nyaman. Usapan ibu jari ke layar terasa natural. Dan kalau semua produsen bisa membuat seperti ini tanpa ada tambahan biaya, sebaiknya semua ponsel punya layar agak melengkung seperti LG Magna ini. Seriusan bro. Tapi ya itu tadi, syaratnya tanpa tambahan biaya. Karena feel-nya enak bener. kalau beda-beda banget sama layar datar sih engga. Tapi menurut kami layar lengkung lebih baik, YA.

Selain ngomongin layarnya yang melengkung, backcover plastiknya yang bermotif brush metal itu sukses menghadirkan kesan seperti metal beneran. Walau pas dipegang kerasa deh plastiknya dan sayangnya lumayan licin. Tapi untungnya, noda sidik jari tidak gampang menempel sehingga selalu terlihat bersih.

LED notifikasi tersedia di bagian atas layar, bezel screen layar cukup tipis, walau begitu dimensinya mampu tampil lebih ringkas dari Lenovo A6000 dan Lenovo S580 yang sama-sama memiliki layar 5 inch. Konstruksinya cukup solid dan tidak terdengar bunyi-bunyi misterius saat diremas-remas yang menandakan built quality LG Magna terjaga dengan baik kualitasnya. So, buat sektor desain , layarnya unik, metal skin backcover yang terlihat berkelas, built quality yang solid, cukup menjanjikan yak.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Lenovo A6000 4G LTE

User Interface

Buka kotak, langsung nyalain, langsung muncul LOLIPOP, mantab juga nih. UI LG ini bisa dibilang salah satu UI yang favorit kami. Alasannya karena desain UI LG UX 3.0 ini berdesain flat dan bernuansa tune dengan colour yang minimalis dan bersih minim bloodware, fitur customisasi dan gesture semua ada tapi tidak berlebihan.

LG Magna


Customisasinya kita bisa gonta-ganti theme, font sampai desain keyboard bawaan. Sedang fitur desain favorit saya adalah fitur Knock On yang sangat identik dengan Smartphone LG. Tidak lupa fitur Easy Mode untuk pengguna lansia. Fitur ini bisa digunakan untuk mengubah-ubah tombol on screen yang berada di bawah layar sesuai selera kita.

LG Magna


Sampai dukungan software untuk pengguna Quick Circle Case atau Flip Cover resmi LG, yang cukup lengkap fungsinya. Semua hal itu dirasakan memudahkan dan fungsional. Walau keyboard bawaan LG bukanlah menjadi keyboard favorit kami.

Hardware

Layar 5inch beresolusi HD 720 x 1280 dengan layar cekungnya bukan hanya keren, tetapi juga kualitas rendering warna, saturasi, keterlihatan pada sudut pandang rendah, hingga responsifitasnya terbilang memuaskan. Kemungkinan berkat teknologi in-cell touch yang menyatukan sensor sentuh tanpa terpisah dari panel layar yang sudah dibenamkan pada layar LG Magna ini.

LG Magna


Ditopang dengan prosesor karya Mediatek berinti 4 dengan clockspeed 1,3Ghz berpadu dengan RAM 1Gb, walau umur prosesornya udah agak lawas tapi kinerja hardwarenya terbilang masih OK.

SOC, system on Cheat atau sistem prosesor yang sama bisa kita temukan pada LG G3 Stylus, Xperia E4, Huawei Honor 3C, Mito A10. Game-game berat bisa dijalankan di LG Magna ini, walau ternyata lag-nya dibawa juga dengan kadar yang belum parah-parah amat sih. Tapi gamenya sendiri masih playable.

baca juga : Harga dan Spesifikasi LG G4 Stylus

LG Magna


Untungnya, suhu LG Magna masih terasa dingin walau digeber untuk main game HD dengan instensitas tinggi. Suhunya hanya mencapai 39.2 derajat Celcius saja. Sementara game dan file-file bisa dipindahkan ke Micro SD bila dianggap perlu. SIM 1 bisa berjalan 3G sedangkan SIM 2 untuk EDGE.

Radio FM dan sensor Magnetic untuk kompas sudah terpasang di LG Magna. Tapi sensor Gyroscope buat yang mau main VR pakai Google Card Board belum bisa diakomodir LG Magna. Juga USB OTG yang sayangnya tidak support. Yang berharap LG Magna bisa digunakan untuk remote TV seperti LG G3 Stylus siap-siap kecewa karena Infrarednya absen.

LG Magna


Daya tahan baterainya terbilang oke tidak ada masalah untuk pemakaian seharian full, asal ngga lama-lama bermain game HD. Jadi secara hardware, LG Magna tidak dirancang untuk bermain game. Meski bisa-bisa aja sih, tapi lag-nya bakalan menggila. Tapi kalau hanya untuk sosmed, browsing, gaming kelas menengah sih LG Magna ini sudah lebih dari cukup plus kualitas layar yang memuaskan dan daya tahan baterai yang terjamin akan menambah kenyamanan penggunanya. Hanya minus konektivitas 4G dan ngga supportnya USB OTG sedikit banyak akan mengecewakan calon peminatnya.

Camera

Kualitas hasil tangkapan kamera 8MP milik LG Magna ini cukup OK, ngga jelek. Tapi ngga istimewa juga. Menggunakan ponsel yang memiliki kamera utama 8MP + Flash dan Kamera depan 5MP ini asal menggunakan pakem-pakem fotografi dasar seperti kadar pencahayaan yang cukup dan menggunakan lampu flash di tempat yang kurang cahaya sih hasil kameranya ngga ada masalah.

LG Magna


Untungnya, performa lampu flash terbilang ok dan terang. Asal tidak terlalu dekat dengan objek ketika menggunakannya. Yang juga saya suka, penguncian fokus dan shutter terbilang gesit. Pengaturan software kameranya juga simple dan terasa memudahkan. Saking simplenya, mode HDR ngga bisa saya temui. :v

Buat kamu yang suka bereksperimen dengan berbagai pilihan skin, pengaturan dan efek, akan kurang terpuaskan dengan software kamera minimalisnya. Buat kamera depannya punya beberapa fitur unik seperti gestur dan voice shutter dengan mengepal tangan atau bilang "cheese". Juga fitur layar yang diputihkan ceritanya untuk pengganti lampu flash yang ternyata perbedaannya tidak terlalu signifikan. Akan lebih ok dengan lampu flash beneran seperti hape-hape Smartfren di seri Selfie-nya.

Sayangnya, fitur yang betul-betul saya perlukan yaitu Beauty Mode malah ngga ada. Alahasil jadi pengin cepet-cepet instal aplikasi camera pihak ketiga. Semisal Camera360 dan kawan-kawannya. Terbukti selfie dengan aplikasi tersebut lebih jos hasilnya daripada dengan software kamera bawaan.

LG Magna


Untuk perekaman videonya, kamera depan dan kamera belakang bisa sama-sama merekam hingga resolusi full HD dan hasilnya juga OK dengan framerate yang terjaga dan mampu tampil mulus.

Jadi di sektor kamera secara hardware maupun kamera yang digunakan sebenarnya sudah tergolong dengan modul kamera yang berkualitas. Namun secara software, pengguna yang ingin simple tinggal arahin ke objek dan cekrek akan terasa sangat dimudahkan dengan software bawaan LG ini. Namun, buat sebagian pengguna lain, yang gemar utak-atik kamera terpaksa harus instal aplikasi kamera pihak ketiga yang lebih lengkap.

Multimedia

Earphone standar bawaan yang ada pada box kemasan meskipun dari segi tampilan ngga menjanjikan, tapi suara yang dikeluarkan ok lho. Tapi memang, jika ingin mendapatkan output suara yang lebih berkualitas maka gunakan earphone yang lebih bonafit.

LG Magna


Yang menarik adalah speaker bodynya, yang ada embel-embel 1 Watt Speaker, wow. Diatas kertas harusnya bagus banget ya. Tenyata setelah kami coba sendiri, untuk yang kedua kalinya kami berkata "kenapa ngga semua ponsel speakernya seperti ini". Suara yang dikeluarkan keras banget, meskipun bassnya masih samar-samar. Minimal, sudah sangat nyaman saat nonton youtube, video call, nyalain alarm jadi kedengeran lebih keras meski urusan bangun tidur atau engganya itu entar. :v

Kesimpulan

Buat kamu yang membutuhkan ponsel untuk gaming HD, akan terasa kurang banget jika menggunakan LG Magna ini. Ada Lenovo A7000, Alcatel Flash Plus, Lenovo P70, akan mampu memuaskan aksi heroik char kamu. Tapi bagi pecinta smartphone branded non Tiongkok seharga 2 jutaan ini spesifikasi LG Magna mampu menjadikannya jawara baru.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Lenovo A7000 Spesial Edition

Setelah mampu tampil lebih wah dari Samsung Galaxy Grand Prime yang punya kualitas resolusi layar yang lebih rendah dan belum menggunakan android lolipop. Plus desain layar lengkung yang unik, backcover berkelas yang solid, juga speaker body yang lebih berisik, namun dengan catatan konsumennya tidak berpindah ke jaringan 4G maka LG Magna bisa jadi satu pilihan.

Yang patut diapresiasi di seri Magna ini, LG sukses membawa inovasi orisinilnya ke kelas yang lebih terjangkau. Setelah tahun lalu menyuntikkan efisiensi desain bezelnya yang tipis, metalic skin backcover, juga UI LG UX V3.0 yang terkenal simple namun intuitive kali ini LG menurun kastakan curve display yang futuristik juga speaker body yang bertenaga yang tahun lalu hanya ada di ponsel LG flagship saja. Semoga kedua hal ini bisa menjadi fitur standar seri smartphone LG selanjutnya yang bisa membawa dampak Magna atau besar sehingga menjadi tren baru smartphone kelas menengah dan ditiru oleh vendor lainnya.

Harga LG Magna di Lazada


Klik untuk cek ketersediaan


Saran Editorial

 
Top