Harga Dan Spesifikasi Advan i5E, Ponsel Bercita rasa Internasional

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E


News Ponsel - Boxnya atraktif banget. Ada hapenya (tentusaja) diberi kartu perdana Simpati, ada kartu garansi, dikasih bonus backcasing soft Gel, Buku panduan, earphone bawaan yang udah in Ear bentuknya yang nanti akan kita ulas, Charger Adaptor 1A, dan gambar tempel hologram. Sementara di hapenya sendiri sudah ditempeli Tempered Glass ya, jadi kita ngga perlu beli sendiri ya, Mantab banget. Untuk ponsel android murah di bawah 2 juta, isi boxnya terbilang melimpah ruah.

Desain

Bagi kami, desain hape itu berkaitan dengan tiga elemen. Yang pertama built Quality, Kemudahan Penggunaan, dan yang ketiga penampilan. Sedangkan hape ini yang dibanderol kurang dari 2 juta ini akan terlalu muluk kalau desainnya bagus semua. Pasti akan ada yang diprioritaskan. Advan i5E ini memilih penampilan sebagai keutamaannya. Sementara 2 elemen yang lain tidak dibiarkan begitu saja. Untungnya sih, kekurangan itu diakali oleh Advan dengan langkah sederhana.

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E


Jadi Built Qualitynya tuh ngga istimewa. Backcasingnya dari plastik yang mudah tergores dan pastinya menjadi sangat kotor oleh sidik jari. Sistem penguncian backcasing yang mudah dicopot pasang pasti akan menimbulkan suara misterius pada suatu saat nanti ketika sudah mulai longgar. Juga warna putih memanjang di samping body Advan i5E itu bukanlah frame atau apa, melainkan hanya sebuah cat biasa saja.

Proteksi layar ngga dikasih tahu pakai tipe apa sehingga kita sebagai pengguna pasti resah untuk membeli pelindung layar. Sementara modul kamera yang didesain agak menonjol keluar sehingga sangat mudah berbenturan dengan meja atau sesuatu yang menjadi alas saat ponsel ini diletakkan. Kebayang kan nanti muka si kamera akan jadi seperti apa. Nah banyak kan kekurangan sederhana diatas. Tapi hebatnya, hal-hal tersebut diselesaikan dengan mudah oleh Advan dengan "langkah sederhana" seperti yang kami sebut diatas. Yaitu dengan diberi gratisan soft gel Back Casing dan yang kedua dengan memberi tempered glass gratisan dan langsung terpasang di ponsel.

Ngga ada lagi backcover yang licin, mudah kena sidik jari, dekil dan kamera yang takut tergores. Bunyi misterius saat hape diremas juga teredam dengan baik. Layar juga terlindungi. Serta warna putih panjang di samping yang sebenarnya cat jadi tersamarkan. Memang, elegannya desain Advan i5E berkurang saat mengenakan Soft Gel Casing. Tapi ngga jadi jelek-jelek amat kok. Malah jadi kelihatan kayak ada aksen metalnya gitu.

Dilihat dari depan bisa ngaku-ngaku Vivo atau Oppo yang harganya 3 jutaan. Berkat desainnya yang mirip plus kaca lengkung 2,5D Glass-nya. Terlebih pas pakai Soft Gel tuh terasa lebih kesat dan mantab. Intinya, walau masih belum dikasih LED Notifikasi dan tombol bawah layar yang belum ada backlightnya tapi kalau dari penampilan, dari semua hape dibawah 1,5 juta yang pernah direview, Advan i5E adalah hape yang paling cantik.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Vivo V5. Si Cantik dengan kamera selfie guede banget

User Interface

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E

Indonesia OS atau idOS ini sudah sepatutnya kita apresiasi. Untuk ukuran produk lokal, OS ini sudah bagus banget. Meski belum sematang OS produk luar negeri sono. Desain animasinya sudah ok. Ada beberapa fitur gesture juga. Diajak bermulti tasking 10 aplikasi juga bisa. Yang ngga kalah penting adalah bisa memindahkan aplikasi ke micro SD. Memang ada ruang untuk perbaikan yang mungkin berkaitan dengan versi Android dan hardware yang digunakan. Contohnya, karena masih menggunakan Android Lolipop yang ngga punya fitur "Doze" di Android Marsmallow jadinya waktu standby Advan i5E ini tuh ngga begitu ok. Pemakaian gaming selama satu hari sih ok, tapi kalau lanjut malam hari karena ada acara, ya sore harus dicharging.

Yang paling urgent, mungkin berkaitan dengan hardware juga, adalah kecepatan respon saat buka tutup aplikasi atau pas multi tasking yang masih terasa ada delaynya. Selain hal ini semua sudah ok. Bug sementara belum ketemu, meski ada yang menyatakan menemukan bugnya. Kami kok ngga ngalamin yak.

Display

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E

Display IPSnya overall sudah sangat bagus untuk kelasnya. Layar 5 Inch HD(1280x720) dengan kerapatan hingga 294 ppi ini memiliki multitouch 5 point. Layarnya terang, warnanya juga keluar gitu. Feel kacanya solid, ngga berasa lembek kayak plastik. Viewing angle-nya mantab dan auto brightness bekerja dengan baik. Hanya saja jika kamu biasa menggunakan hape 2 juta hingga 3 jutaan keatas, responsifitas layar Advan i5E ini masih di bawahnya. Yaiyalah, jangan bandingin dengan yang 2 juta atau 3 juta ya kan. Kalau untuk main game sih layarnya responsif dan ngga ada masalah.

baca juga : Harga dan Spesifikasi LG Magna, 2 juta dapat Layar Curved Display.

Hardware

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E

Menggunakan prosesor Quadcore racikan Spreadtrum seri SC983OA 1,5GHz 32Bit serta GPU Mali 400MP2 sempat membuat kami pesimis atas performa yang akan dirasakan. Tapi pas dicoba langsung, ternyata not bad. Baik baik saja. Memang ada sedikit bengong antara perintah satu dengan perintah yang lainnya, tapi masih dalam batas wajar. Pernah nyoba hape dengan Snapdragon 212, ternyata Advan i5E ini masih lebih enak dipakai. Game semacam Need For Speed No Limit udah playable walau belum bebas lag. Kalau game ringan macam RipTide GP2 atau The World 2 "Hunting Boss" sih udah mulus banget. Sudah support USB OTG. Sudah  dual SIM + Micro SD. Hanya saja dipasang kartu Smartfren ngga langsung nangkep. Sensornya masih minus Magnetic dan Gyroscope tapi dipake GPS udah cepet dan akurat resultnya meski kita berada di dalam ruangan.

Kamera


Harga Dan Spesifikasi Advan i5E
Untuk level harganya, kamera depan dan belakang Advan i5E ini ngga mengecewakan. Dengan spesifikasi kamera utama 8MP dengan LED Flash sementara kamera depan 5MP dengan lampu flash juga. Kedua kamera bisa digunakan untuk merekam video. Hanya saja kamera utama merekam hingga mode HD tapi kamera depan hanya kualitas FWVGA saja.

Hasil jepretan masih bagus walau pada kondisi yang minim cahaya sekalipun. Ingat lho ya, untuk selevel harganya dan acceptable yang artinya "bukan bagus banget". Jadi ketajaman, saturasi warna, dinamic range, penguncian fokus dan jeda antar shutternya, jangan dibandingkan dengan hape mahal lho ya. Serta objek jangan goyang lho ya, karena rentan ngeblur.

baca juga : 4 Action Camera Wifi Termurah

Sound Music

Harga Dan Spesifikasi Advan i5E

Earphone standar bawaannya warnanya matching sama warna ponselnya. Penampilannya kelihatannya meyakinkan. Kalau suaranya?

Ternyata setelah dicoba, hasilnya woooow, bagus banget. Kalau sama earphone bawaan Samsung Galaxy S7 Edge yang harganya 9 jutaan lebih ternyata built qualitynya aja yang kalah. Kalau keluaran suara dan kenyamanan saat dipakainya untuk selera kami sih masih lebih enak earphone standar Advan i5E. Hanya saja playernya ngga ada Equalizer dan speaker bodynya yang keras tapi sedikit cempreng kurang bass gitu.

Kesimpulan


Kalau bayangan kamu hape lokal tuh lebih fokus spesifikasi diatas kertas yang mentereng dibanding user experience yang nyaman, semisal UI seadanya, finishing desain yang seadanya, display seadanya, kamera seadanya hingga kualitas earphone bawaan yang juga seadanya, nah si Advan i5E ini ngga seperti itu.

Kalau kamu mau cari smartphone di kisaran 1,5jutaan untuk kebutuhan sehari-hari dengan garansi resmi Advan i5E ini kami sangat rekomendasikan. Terutama karena sudah 4G, memory internalnya lega juga flexible. Para pesaingnya seperti Infinix Hot 4, Asus Zenfone Go ZB450KL, Samsung Galaxy J1 2016 atau Evercross Y3 Plus rata-rata punya kelemahan semisal hanya support 3G aja ngga bisa 4g, atau memory Internal yang hanya 8GB aja, atau kamera yang kurang representatif. Nah hal-hal tadi tidak akan kamu temui di Advan i5E ini.

Kalau mau dicari-cari kelemahan Advan i5E ini ya semacam ada jeda pas buka tutup aplikasi tapi sebanding lah dengan harganya, sensitifitas layar saat mengetik yang kurang tetapi kok lancar pas ngegame, built quality casingnya, serta daya tahan baterai yang ngga seharian penuh dan speaker body yang kurang ngebass, yang memang ngga bisa dikata bagus. Tapi ngga ngeganggu banget lah. Sangat bisa dimaklumi mengingat harga yang dibawah 2 juta.

Tapi kalau ngomongin kelebihannya yaitu sudah support 4G, memory RAM dan ROM yang lega, ditambah kerapatan dan saturasi warna display yang ciamik, tampilan desain yang cantik, paket penjualan yang komplit, earphone standar yang mantab abis, UI made in Indonesia yang jago multitasking, sampai kualitas kamera yang mumpuni, maka Advan i5E ini sudah berada pada jajaran atas dibanding kompetitor di range harganya. Hal ini berdampak pada experience pemakaian Advan i5E yang akan terasa sudah nyaman untuk kelasnya.

Ok gaes, tulisan ini hanya sharing aja ya. Silakan diambil sendiri kesimpulannya. Kalian mau suka atau engga, silakan diputuskan sendiri. Kalau mau lihat harga di toko online semacam Lazada, MatahariMall, kami bisa membantu linknya di bawah ini. Cukup klik tautannya dan akan terbuka halaman baru tanpa meninggalkan halaman ini. Silakan klik.

Harga Advan i5E di Lazada
Harga dan Spesifikasi Advan i5E


Saran Editorial

 
Top