Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016, Middle End Bercita rasa Flagship


News Ponsel - Kamu mau ngga punya hape yang sekelas flagship tapi harganya middle range? Dengan desain yang ok banget dan berbagai fitur yang kaya. Pasti mau dong. Siapa sih yang ngga mau?


Di dalam box, tentu saja ada ponselnya yang berwarna hitam legam. Tidak biru tua seperti yang dulu-dulu itu. Ada pin untuk membuka slot kartu sim dan micro SD. Buku panduan dan garansi. Earphone bawaan yang sudah in ear Monitor. Charger Adaptor output 2A yang sudah support Fast Charging dan kabel datanya.

Desain


Dengan memilih Samsung Galaxy A5 2016 ini kamu mendapatkan desain yang sekelas dengan smartphone flagshipnya Samsung dengan jeroan yang pastinya didowngrade. Tapi kalau urusan feel menggenggam, kami lebih suka menggenggam Samsung Galaxy A5 2016 ketimbang Samsung Galaxy S6 bahkan Galaxy Note 5 sebelumnya.

baca juga  : Harga Spesifikasi Samsung Galaxy Edge 64GB

Kok bisa? karena Samsung semakin menyempurnakan detail di Galaxy A5 2016 ini agar lebih nyaman digenggam oleh penggunanya. Frame metal solid yang dikikis oleh aksen Champhered edge yang disambung kaca bertepian 2,5D Gorilla Glass 4 di bagian depan dan belakang smartphone ini adalah perpaduan yang apik banget. Hape ini sukses terasa natural di tangan bagaimanapun kita menggenggamnya.



Penyebabnya adalah telapak tangan kita ngga akan menemukan pinggiran body ponsel yang bersudut tajam. Senada dengan feel menggenggamnya, dari sisi estetikanya juga keren banget hape ini. Kekerenannya bisa dilihat dari sudut mana saja, depan belakang.

Bobotnya bikin manteb di genggaman. Perpaduan desain dengan feel tersebut bikin kita betah mantengin dan megang hape ini berlama-lama. Rasa-rasanya sayang banget kalau harus pakai casing tambahan. Gantengnya takut ilang. Tapi kalau ngga dipakein casing pengaman, takut pecah kacanya. Lho pecah?

Iya. Penggunaan material kaca pada backcover memiliki kelebihan ketimbang plastik atau metal. Seperti ngga mengganggu kekuatan sinyal, tampak lebih mewah, bisa menahan panas, lebih tahan goresan karena kaca itu Gorilla Glass 4 itu ya.

Tapi minusnya, body dengan balutan kaca seperti ini sangat rentan dengan noda minyak dari jari jemari kita. Kalau jatuh, ya bisa pecah. Rugi bandar kita. Sementara posisi modul kamera dan flash rentan terhalangi dengan jemari kita saat sudah berada di posisi akan memotret. Juga tidak adanya LED Notifikasi.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8

User Interface

Seperti yang sudah-sudah, UI Samsung pasti banyak yang suka termasuk kami. Alasannya adalah Stabil, Ringan, Banyak pilihan theme gratisan yang bagus-bagus, dan Manajemen baterai yang mantap.



Stabilnya tuh karena jarang banget nemu bug. Ringan, Manajemen RAM yang bagus membuat proses buka tutup aplikasi tuh was wus gitu. Cepet banget. Booting, buka tutup, rasanya gesit banget. Theme gratisannya ada yang didesain khusus untuk Samsung Galaxy A5 2016. Manteb juga kan. Sementara Manajemen baterai yang bagus membuat hape-hape dari brand Samsung rata-rata lebih awet ketimbang baterai lain dengan kapasitas yang sama.

Buat kamu yang gemar utak-atik hape agar terlihat lebih personal, UI Samsung ini paling bukan yang paling cocok buat kamu. Karena prioritas UI Samsung adalah Simple, Ringan dan Stabil. Itu aja.

Display


Perpaduan layar 5,2 Inchi Super Amoled dengan resolusi Full HD menghasilkan layar ponsel yang juara banget. Gambar yang ditayangkan begitu hidup, tajam, vivid dengan kontras dan saturasi yang wow.

Sensitifitas dan keterlihatannya pada sudut yang rendah pun juara. Plus layarnya menyandang predikat Gorilla Glass 4 dengan tepian 2,5D Glass. Seperti kaca depan dan kaca belakangnya.

baca juga : Harga Samsung Galaxy J5 dan Spesifikasinya

Hardware Samsung Galaxy A5 2016

Performa prosesor Exynos 7580 Octacore 1,6Ghz 64 bit patut kita apresiasi. RAMnya sebesar 2GB dan GPU Mali T720MP2 serta Memory Internal sebesar 16GB. Tapi tugas prosesor racikan Samsung ini harus bekerja lebih keras karena layarnya sekarang beresolusi Full HD. Alhasil walau kinerja gaming di Samsung Galaxy A5 2016 udah terbilang mumpuni tapi di game-game sensitif yang seratus persen bebas lag, seperti Line-Touch Me, Samsung Galaxy J7 terasa lebih handal karena bebas lag dan frame skip. Tapi yang jadi catatan, hal ini hanya terjadi di beberapa game yang membutuhkan kepresisian atau ketepatan yang luar biasa. Kalau game-game HD biasa sih ngga begitu ngaruh kok.



Berkat resolusi yang rendah di Samsung Galaxy J7, daya tahan baterainya otomatis secara signifikan akan mampu diajak gaming terus menerus. Sementara di Samsung Galaxy A5 2016 ini ngga mau kalah sob. Hal itu dikarenakan fitur Fast Charging. Ini membuat yang pernah menikmati kelezatan Fast Charging bakalan ngga mau pindah ke ponsel yang slow charging. Fitur ini bener-bener mantab. Hanya dalam waktu 15 menit, dari posisi 5% naik ke posisi 40%.

Asiknya, saat main game sambil ngecharge, tingkat panasnya ngga seberapa. Masih bisa ditoleransi oleh tangan kita. Hanya sekitar 36 derajat Celcius saja.

Satu lagi yang istimewa juga yaitu di pelayanan konektivitasnya. Dual SIM LTE dan ada Slot Micro SD yang terpisah. Nah, buat kamu yang punya ponsel dengan Dual SIM Card Hybrid pastinya mupeng banget kan dengan fasilitas yang ada di Samsung Galaxy A5 2016 ini. Berikutnya adalah ponsel ini sudah support 4G LTE semua operator Indonesia termasuk Smartfren dan Bolt. Kemudian, A5 2016 ini sudah support LTE Cat 6. Jadi kalau kamu sudah punya kartu Bolt yang bisa LTE Cat 6, pasang aja. Bisa kok.

Buat kamu yang mau main Virtual Reality, Samsung Galaxy A5 2016 belum bisa digunakan karena sensor Gyroscopenya ngga ada. Untungnya, sensor lainnya sudah lengkap termasuk Magnetic dan Ambient Light Censor.

Kamera


Kameranya memang ngga seWell kamera Samsung yang flagship, tapi jika boleh dibilang Samsung Galaxy A5 2016 ini hanya satu tingkat di bawahnya. Tapi rata-rata masih diatas hape menengah lainnya.

Yang diunggulkan dari kameranya adalah punya Dynamic Range yang tergolong baik di kelasnya, baik kamera depan maupun kamera belakangnya. Penggunaan mudah, simple dan user friendly banget. Ngga pake ribet pokoknya. Untuk mengambil gambar dengan efek bokeh, bisa banget. Karena punya bukaan lensa yang besar di F/1,9.

Ada fitur Optical Image Stabilisation (OIS) fitur peredam goncangan yang mana akan membantu kita untuk mendapatkan foto yang sekali jepret bagus, jepret bagus, tidak blur. Kamera depan sama sekali ngga mengecewakan. Hasil jepretannya memuaskan walau di kondisi minim cahaya sekalipun. Tapi karena ngga ada lampu flash di depan, kita ngga bisa ngambil foto dengan intensitas cahaya yang minim. Tidak hanya pada pemotretan gambar, fitur OIS ini juga membantu pada perekaman video. Sehingga video yang dihasilkan tidak terlalu shaking.

baca juga : Daftar Harga Hp Samsung Terbaru

Sound dan Musik

Suka musik? Samsung Galaxy A5 2016 ini kami rekomendasikan buat kamu. Playernya, yang dibenamkan di ponsel ini bawaan Samsung sendiri, ngga nebeng Google Play. Powerfull, kaya fitur dan Simple. Earphone bawaannya juga keren, sob. Suaranya manteb, diatas rata-rata earphone standar bawaan dari ponsel lain. Speaker bodynya meski bukan yang terlantang tapi dinamika dan kedalaman suaranya sudah masuk kategori Memuaskan.

Kesimpulan


Kalau kamu pengin punya hape yang Flagship Look, ada Flagship Feel, produk dari brand termapan di Indonesia, disupport fitur-fitur ala ponsel flagship lainnya semacam Fast Charging, OIS, UI versi Lengkap, LTE Cat 6 Ready, Earphone berkualitas, Sensor sidik jari, 2,5D Gorilla Glass 4 depan belakang, dan NFC (Near Field Communication). Nah, Samsung Galaxy A5 2016 adalah pilihan yang cocok buat kamu.

Tapi karena levelnya middle range, kamu ngga akan mendapatkan Kamera yang levelnya di bawah flagship, Kinerja hardware yang meski sudah ok di A5 2016 tapi belum masuk kategori Monster, dan beberapa fitur flagship beneran yang disunat seperti : Wireless Charging, Edge Screen, Resolusi layar 2K, Ga bisa Virtual Reality karena ngga ada Gyroscope, fitur 4K Video, sampai Heart Rate Monitor.

Jadi kalau minus diatas masih kamu anggap ngga urgent, kamu bisa mendapatkan feel ala flagship, kamu bisa mendapatkannya di Samsung Galaxy A5 2016 ini.

Harga Samsung Galaxy A5 2016 di Lazada

Harga Samsung Galaxy A5 2016 di Lazada bisa kamu cek melalui link di bawah ini atau bisa klik langsung pada gambar.

harga dan spesifikasi samsung galaxy A5 2016
klik pada gambar untuk melihat harga Samsung Galaxy A5 2016

Saran Editorial

 
Top