Harga dan Spesifikasi Asus Zenfone 3 ZE520KL

Zenfone generasi ketiga yang harganya ngga lagi 2 jutaan.


News Ponsel - Asus Zenfone 3 ZE520KL yang RAM 3GB dan ROM 32GB ini harganya ngga seperti pendahulunya yang dibanderol hanya 2juta-an saja. Melainkan sudah menyentuh level HIGH END yang berada di kisaran 4Juta-an. Jelas kalau dilihat dari Box pembelian memang harus menampakkan perbedaannya ya. Box dengan aksen hitam, berkesan mewah dan elegan, berisi ponsel, charger 2A dan kabel data. Untuk ponsel “mahal” ini rasanya kok seperti pelit gitu ya. Ngga ada earphone gitu.


Desain

Desain Asus Zenfone 3 ZE520KL ini ngga ada sama-samanya dengan Asus Zenfone sebelumnya. Penampilannya jauh berbeda, tampil dengan balutan hitam legam berlapis kaca yang kalau tersorot cahaya tuh berkilau keren banget. Kualitas pemilihan material, presisi dan soliditasnya sudah sekelas sama Samsung Galaxy S, walau secara desain mirip Samsung Galaxy A series sih. 

Memang ada frame plastik yang memisahkan antara bidang metal dengan kaca yang melapisinya. Namun entah bagaimana, justru plastik ini yang bikin tak berasa bersudut saat tangan kita menggenggamnya – kalau dibandingin sama Samsung Galaxy A Series lho ya. Efeknya adalah bikin betah berlama-lama memainkan hape ini.
baca juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5 2016

Diatas kita melihat dari sisi pemilihan material, presisi dan soliditas Asus Zenfone 3 ZE520KL yang setara dengan Samsung ya. Tapi jika dilihat dari kemudahan penggunaan hape 4 jutaan ini masih di bawah levelnya. Hal itu terlihat dari ketipisan bezel kanan kirinya yang masih lebih besar ketimbang Samsung Galaxy A. Untuk berkesan hape premium, bezel ini terbilang tebel. Lihat gambar di bawah ini.


perbandingan bezel Samsung Galaxy A series(kiri) dengan Asus Zenfone 3 (kanan)

Lampu Backlight yang seharusnya berada di tombol capacitive di bawah layar juga tidak ditambahkan. Hal ini membuat kita akan sedikit kesulitan untuk menggunakannya pada malam hari. Namun secara keseluruhan, desain Asus Zenfone 3 ZE520KL ini adalah salah satu alasan yang bikin Asus pede buat naik kasta. Ya itu karena desainnya cakep, nyaman digenggam, dan solid pastinya.

User Interface

UI-nya Asus Zenfone 3 ZE520KL ini kami bilang sebagai UI yang paling kompleks dan mewah, karena dia well made dan well design. Intuitive, animasi dan cutomisize-nya seabreg, fiturnya juga banyak banget, walau bisa diartikan sebagai blodwarenya banyak banget. Walau hingar bingar tadi tidak berpengaruh pada empat point terpenting yang kami anggap sebagai UI yang bagus.



Empat hal tersebut adalah Buka tutup aplikasi yang gesit, Multitasking OK, Manajemen baterai yang bagus, Bisa instal aplikasi ke Micro SD. Sementara, dari empat hal yang kami sebut diatas, hanya “Bisa instal aplikasi ke Micro SD” saja yang tidak terpenuhi pada Asus Zenfone 3 ZE520KL ini. Sedangkan untuk  “Buka tutup aplikasi yang gesit” ketika kami sandingkan dengan Samsung Galaxy, sudah menyamai bahkan cenderung lebih cepat. Multitasking OK serta Managemen baterai juga bagus. Sehingga, meski tidak bisa instal aplikasi ke Micro SD, hal ini sudah memuaskan kami. Kenapa? Karena tetap diberi ruang internal memory sebesar 32GB, okelah ya.

Kami sangat menyukai sifat intuitivenya Asus Zenfone 3ZE520KL ini karena banyak gestur yang memudahkan. Kalau kustomisasi, pilihan animasi dan fitur-fitur yang seabreg sih buat kami menjadi tambahan yang menyenangkan.

Display

Buat kamu-kamu yang suka sama jenis layar IPS bakal puas pada penyajian warna, kontras dan saturasi pada Asus Zenfone 3 ZE520KL ini. Tapi buat kamu yang terbiasa dengan layar Super Amoled, hitam akan terasa kurang pekat, kemudian warna, kontras dan saturasinya akan terlihat kurang maksimal. Walaupun layar sudah diseting pada mode Vivid pada fitur Asus Splendid.

Zenfone 3 (atas) versus Galaxy (bawah)

Tapi yang jelas, sensitifitas yang prima, keterlihatan pada sudut pandang rendah yang OK, pengaplikasian lapisan anti minyak, proteksi Gorilla Glass 3, ditambah ujung kaca yang melengkung cantik ala 2,5D Glass bikin display Asus Zenfone 3 ZE520KL ini boleh dimasukkan ke dalam daftar display yang berkualitas tinggi.

baca juga : Harga dan Spesifikasi LG Magna 2 juta dapet Curved Display? Waow

Hardware

Misal kamu mau mencari-cari kesalahan di sektor hardware Asus Zenfone 3 ZE520KL ini maka paling jauh kamu hanya akan menemukan  baterai yang walau sudah diakali dengan manajemen baterai yang bagus pada softwarenya, tapi tetep kapasitas 2600mAh jelas belum ideal buat dibawa ngegame HD dengan durasi yang lama.

Kelemahan berikutnya yaitu di sistem dual SIM Card yang menggunakan Hybrid SIM Slot. Tau sendirikan, Slot SIM Card model begini bakalan bikin banyak orang baper mau pilih bagaimana terkait konektifitasnya. Kemudian yang terakhir datang di sektor USB. Penggunaan tipe USB yang berbeda dari yang digunankan di pasaran akan sedikit banyak membuat pengguna Asus Zenfone 3 ZE520KL tidak bisa – katakanlah – meminjam charger teman ketika kelupaan ngga bawa charger original Zenfone 3 miliknya. Sehingga untuk mengatasi hal ini, kita harus membeli dan bawa-bawa conferter. Demikian halnya juga ketika kita ingin menggunakan fitur USB OTG. Tentu harus menancapkan conferter dulu kemudian USB OTG baru Diskdrivenya. Cukup ribet yak.



Selain ketiga hal yang kami sebut diatas, semua komponen hardware pada Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bisa dibilang “ngga ada yang perlu dikomplain lagi”. Misalnya, ngegame Nova 3 atau game yang memiliki graphic tinggi, mulus. Suhu body juga selalu adem. FingerPrint responnya cepat dan fungsional. Perkara jaringan, ponsel ini sudah support 4G LTE. Bolt dan Smartfren bisa digunakan di ponsel ini.



USB OTG jelas bisa. Hanya saja kita perlu membeli conferter atau penghubung terlebih dahulu. Sensor-sensor juga lengkap termasuk Gyroscope jika kamu ingin main Virtual Reality. Jadi gimana ya, ngga ada yang bisa dikomplain lagi. Jadi untuk performa hardware bisa dibilang sukses untuk memantaskan diri sebagai ponsel seharga 4jutaan, karena mau dipakai buat ngapain aja, BISA.

Kamera

Di kelasnya, kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL ini sudah terbilang bagus. Jika mau dicari kelemahannya palingan di ketajamannya yang terbilang “bisa lebih bagus lagi daripada ini”, gitu. Tapi kalau buat motret di tempat yang kurang cahaya atau low light, kamera ponsel ini menjadi juara di kelasnya. Hasilnya lebih bersih dibanding dengan Xiaomi Mi 5 meski masih kalah dengan Samsung Galaxy S7.



Optical Image Stabilize-nya tuh ngebantu hasil tangkapannya stabil dan konsisten. Hal ini penting apabila ada moment yang ngga datang dua kali. Lalu jargon Built For Photography kayak jargon di Iklannya, sepertinya baru akan kita rasakan setelah kita mengutak-atik mode manual pada interface kameranya, jadi ngga hanya main di auto saja ya. Hasil foto-foto yang unik seperti Timelapse, Bokeh, Miniature, dan lainnya bisa kita hasilnya hanya dengan Asus Zenfone 3 ZE520KL dan tripod juga boleh ditambahkan.



Dipakai buat selfie hasilnya juga ngga ngecewain. Di kondisi remang-remang pun kita bisa asik selfie-selfiean. Penguncian fokus berasa cepat berkat bantuan Laser Auto Focus dan jeda antar shutter pun terbilang gesit.  Jadi kualitas kamera Asus Zenfone 3 ZE520KL ini bisa diandalkan lah. Bahkan hasil low lightnya diatas rata-rata.
baca juga : 4 Action Camera Wifi Termurah

Sound Dan Musik


Musik player masih pakai Google Play Musik, entah kenapa ngga pakai player milik mereka sendiri. Ada Audio Wizard yang bisa kamu gunakan untuk mengatur karakter suara yang akan dihasilkan sesuka hati. Ketika mendengarkan musik pakai earphone, keluaran suaranya jadi lebih kaya dan detail dibandingkan Samsung Galaxy S7 Edge. Sungguhan ini. Kemudian keluaran suara dari speakernya oke juga. Soundnya tebal ngga treble dan lumayan keras, meski bukan yang terkeras.  
baca juga : Harga dan Spesifikasi ASUS Zenfone 2 ZE550ML

Kesimpulan


Asus boleh lah pede untuk menjual produk jagoannya ke level yang lebih premium. Brand ke tiga ini, Asus sukses meracik sebuah smartphone yang kuat di segala sisi. Hasilnya, user experience sehari-hari menggunakan Asus Zenfone 3 ZE520KL ini berada di level yang tinggi untuk ukuran hape android di kelasnya.

Kira-kira Harga Asus Zenfone 3 ZE520KL di Lazada berapa ya? Silakan cek di link LAZADA ini


Saran Editorial

 
Top