Cara Pasang Tempered Glass


News Ponsel - Sering kali, kita mendapati goresan-goresan yang ada pada layar ponsel kita karena terbentur atau terkena benda tajam. Misal saat dimasukkan ke dalam tas yang kebetulan ada banyak kunci di dalamnya. Atau terjatuh dan membentur permukaan aspal yang tidak rata. Untuk menyikapi hal itu, kita memilih menggunakan plastik Anti Gores. Tapi, kok tetep ada goresan ya? Jalan keluarnya gimana ya? Baca terus yak.


Berbeda dengan plastik Anti Gores, Tempered Glass adalah pelindung layar ponsel yang terbuat dari kaca beneran. Karena terbuat dari kaca beneran itu, Tempered Glass lebih jernih ketimbang plastik Anti Gores. Kemudian karena terbuat dari kaca itulah ia justru menjadi lebih kuat dari plastik Anti Gores.

Hanya itu? engga lah. Dengan menggunakan Tempered Glass, rasa yang timbul saat kita menggunakan plasti Anti Gores adalah semacam keset-keset gitu. Sedangkan jika menggunakan Tempered Glass, jari kita seakan tergelincir di padang es.

Jika kamu hanya menggunakan Anti Gores untuk melindungi ponsel, maka bersiaplah waspada. Karena sekuat apapun plasti Anti Gores, dia tetap anti gores yang terbuat dari plastik. Pasti akan lecet atau gampang rusak. Sementara Tempered Glass, lebih jernih dan lebih kuat serta mampu menahan ujung runcing yang akan melukai layar ponsel. Skala goresan ini diukur dengan istilah 1H, 3H dan seterusnya.

Kelebihan lain Tempered Glass adalah sudah ditambahkan Oleophobic Coating yang biasanya membuat layar menjadi tidak mudah kotor, gampang meninggalkan sidik jari, dan lain sebagainya. Fitur ini jelas tidak dimiliki oleh plastik Anti Gores.

Adapun jenis-jenis Tempered Glass itu sendiri ada banyak banget. Selain fitur atau kemampuannya yang berbeda, hargannya juga berbeda.

baca juga : Jenis-jenis Tempered Glass yang ada di pasaran

Apa itu Oleophobic Coating?

Oleophobic Coating adalah sebuah fitur yang ada pada Tempered Glass yang memungkinkan untuk membuat oli, minyak, debu dan benda-benda lain disekitar kita tidak mudah menempel pada permukaan Tempered Glass tersebut.

Oleophobic Coating berasal dari kata Oli dan Phobia. Oli berarti minyak dan Phobia berarti takut. Pada prosesnya, Tempered Glass yang setengah jadi dimasukkan pada sebuah mesin yang akan menyuntikkan teflon. Dengan kelebihan teflon itulah Tempered Glass akan membuat layar ponsel kamu tetap bersih tanpa ada tanda sidik jari yang tertinggal.

Apa itu kode 9H pada kemasan Tempered Glass?


Kode 9H yang biasa ada pada kemasan Tempered Glass yang dijual di pasaran adalah kode yang menandakan tingkat kekerasan yang sanggup ditahan oleh Tempered Glass. Kode 9H ini berkorelasi dengan kode pensil 2B yang biasa kamu gunakan saat ujian Nasional.

Kode 9H tidak berdiri sendiri. Ada sekira 20 kode yang mengindikasikan tingkatan tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

kode 9H pada cara pasang tempered glass

Pada gambar diatas, nampak jelas bahwa 9B adalah kode yang menandakan warna hitam pekat yang dihasilkan oleh sebuah pensil. Warna hitam pekat tersebut hanya dihasilkan oleh sebuah pensil dengan granit yang sangat lembut (softest). Sementara 1B, HB, F dan H, adalah kode yang menandakan bahwa granit yang digunakan pada pensil tersebut tingkat kekerasannya ada pada level Medium. Di sisi lain, 9H adalah tingkat kekerasan maksimum sebuah granit yang hanya akan menghasilkan garis abu-abu sangat muda apabila ditekan menggunakan tenaga manusia.



Jadi, paham ya. 9H adalah sebuah kode yang menandakan tingkat kekerasan sebuah pensil yang mampu ditekan dengan tenaga manusia. Ingat, ditekan dengan tenaga manusia. Akhirnya, kode ini digunakan untuk menandakan level kekerasan Tempered Glass yang akan kamu gunakan.

Harga Tempered Glass

Harga Tempered Glass sangat bervariasi. Hal ini tidak bergantung pada lokasi dimana kamu berada. Hal ini beneran tergantung dari si penjual itu sendiri. Beneran deh.

Di kota mana mereknya apa, pasti akan berbeda dari kota satu dengan yang lain. Namun ada satu hal yang membuatnya sama. Di toko online, bisa dipastikan harga tempered glass ini akan jauh lebih murah apabila dibeli di konter terdekat. Kenapa?

Sebab, jika kamu beli di toko online, maka kamu harus pasang sendiri. Jika gagal, kamu sendiri yang rugi. Sementara, membeli di toko atau konter terdekat akan lebih mahal dikarenakan mereka juga menawarkan jasa pemasangannya. Sehingga apabila gagal, mereka yang akan menggantinya. Itulah kenapa, apabila kamu membandingkan harga di toko online dan konter terdekat hampir pasti ditemukan selisih harga yang lumayan jauh. Bisa selisih 2 atau 3 kali dari harga online.

Pemasangan Tempered Glass harus ekstra hati-hati. Jika sudah menempel pada layar, ia akan sulit untuk direka ulang apabila terjadi kesalahan. Di sinilah letak permasalahannya dan membuat harga Tempered Glass di konter melonjak tinggi.

Tips mendapatkan harga Tempered Glass dengan murah

Sederhana sebenernya tips ini. Asal kamu mempunyai keberanian ekstra. Yaitu dengan membelinya di toko online, maka kamu akan mendapat Tempered Glass dengan harga yang jauh lebih murah dari konter hape terdekat.

Tapi, jelas toko online tidak akan memasang untuk kamu atau abang kurir ekspedisi akan memasangkannya untukmu. Kamu sendirilah yang harus memasangnya. Segala resiko, harap ditanggung sendiri. Tapi dapet harga tempered glass murah kan?

Cara Pasang Tempered Glass

Tidak ingin ngegampangin, atau menganggap hal ini mudah, tapi cara pasang tempered glass kurang lebih sama dengan cara pasang plastik Anti Gores. Harus sekali jadi dan tidak ada debu atau kotoran yang tertinggal. Jika ada debu atau kotoran yang tertinggal, wassalam. Angkat dan buang. Jika memaksa dipasang lagi, hasilnya jelas tidak bagus. Banyak bercak-bercak kotor yang lebih banyak.

Siap untuk menanggung resikonya? kalau memang siap menanggung resikonya, okelah kita lanjut.

Aturan awal sebelum pasang Tempered Glass atau Plastik Anti Gores adalah kamu harus berada di ruang yang bersih.


  • Siapkan meja khusus yang jauh dari debu beterbangan. Jangan berada di kasur atau tempat yang berangin. Sebab kasur banyak banget debu halus beterbangan sementara tempat yang berangin jelas akan membawa debu menempel di tempered glass kamu.
  • Lap kaca mata sebagai pembersih kaca. Namun biasanya, sudah ada paket pembersih yang disertakan saat pembelian Tempered Glass.
  • Siapkan selotip dan rekatkan sebagian saja di sekitar kamu agar mudah dijangkau serta mudah ditarik kembali ketika dibutuhkan.


Sudah ketemu tempatnya dan sudah disiapkan? lanjut pada cara pasang tempered glass.


cara pasang tempered glass
  1. Bersihkan layar ponsel kamu hingga bener-bener bersih. Jangan gunakan lap, tisu, kapas atau apapun yang akan meninggalkan sesuatu di layar ponsel. Gunakan paket pembersih yang disertakan dalam kemasan pembelian. Jika tidak ada, gunakan lap kaca mata.
  2. Jika sudah. Letakkan ponsel dimeja dan taruh Tempered Glass atau Plastik Anti Gores kamu di layar ponsel. Hanya untuk memastikan presisi tidaknya. Sisi lengketnya jangan dibuka dulu.
  3. Perhatikan letak lubang pada tempered glass dan sesuaikan dengan peruntukannya. Contohnya, lubang untuk softkey atau speaker dekat kamera. Pastikan semua sudah sesuai. Sisi kanan kiri ponsel, bezel kanan kiri ponsel, ujung atas ujung bawah ponsel. Sesuaikan semua.
  4. Semua sudah oke? Tahan posisi tersebut dengan satu tangan. Satu tangan yang lain mengambil selotip yang tadi sudah disiapkan.
  5. Rekatkan selotip tersebut pada salah satu sisi pertemuan Tempered Glass dengan body ponsel. Diharapkan, selotip ini akan menahan Tempered Glass agar tidak bergeser apabila sudah tidak dipegang lagi.
  6. Sebelum membuka lapisan perekat Tempered Glass, pastikan sekali lagi tidak ada kotoran yang menempel. Bersihkan dengan paket pembersih yang disertakan saat pembelian.
  7. Angkat Tempered Glass, selotip akan jadi engselnya. Lepas lapisan perekat tempered glass. Letakkan tempered glass yang sudah dilepaskan pengamannya tersebut pada layar ponsel dengan hati-hati. Jangan diusap.
  8. Jika ada gelembung, arahkan gelembung ke sisi tepi ponsel agar keluar. Lakukan hingga gelembungnya hilang.
  9. Semua gelembung sudah hilang? Tidak ada debu diantara Tempered Glass dan Layar ponsel? Berarti sudah waktunya diusap alias ditempelkan secara erat. Usap menggunakan bahan apa saja.
  10. Selesai. Mudah kan.


Sekarang kamu bisa. Cara pasang Tempered Glass ini sudah selesai.

Kamu bisa mendapatkan Tempered Glass dengan murah di link-link yang kami sertakan di bawah ini. Ada banyak potongan harga serta pilihan metode pembayaran yang beragam. Bebas ongkos kirim untuk beberapa kota besar di Indonesia.

Harga Tempered Glass di Lazada

Tempered Glass Murah bisa COD :
Iphone
Samsung
Xiaomi
Oppo
Alcatel
Meizu
Smartfren Andromax
ASUS

Tempered Glass untuk ponsel yang tidak disebut di atas


Saran Editorial

 
Top