Review Sony Xperia M4 Aqua 8GB, ponsel Menengah yang bisa diajak berenang


News Ponsel - Pengin berenang tapi ponsel mau disimpan dimana? bingung kan. Kenapa ngga diajak berenang sekalian aja ponselnya?

Desain

Sony Xperia M4 Aqua adalah smartphone kelas menengah yang diproduksi oleh Sony. Sebagai penyandang predikat tersebut, Sony Xperia M4 Aqua dirancang dengan sebegitu miripnya dengan flagship Xperia Z3+. Bahkan akan sulit membedakannya ketika kita menyandingkan satu sama lain. Sony merancang Sony Xperia M4 Aqua dengan material yang menyerupai Z3+. Body belakang terlihat mengkilau seperti kaca padahal sebenarnya ia terbuat dari plastik. Sebab itulah, bobot M4 Aqua sedikit lebih ringan dibanding tandemnya tersebut.



Persis seperti Xperia Z3+, Sony Xperia M4 Aqua memiliki sertifikasi IP65 dan IP68 dengan kemampuan tahan air. Asiknya, port USB dan jack audio dibiarkan terbuka namun tetap tahan air sehingga tidak merepotkan penggunaan. Bagian yang tertutup hanya terletak pada slot nano SIM dan Micro SD di sisi Smartphone.

Tidak seperti kebanyakan smartphone android saat ini, Sony Xperia M4 Aqua hanya memiliki satu slot Nano SIM saja. Dari secara keseluruhan, dari Desain bisa disimpulkan bahwa M4 Aqua memiliki rasa yang sama persis dengan Z3+.

Software

Sony Xperia M4 Aqua dirilis bersamaan dengan Z3+ tahun lalu. Artinya, M4 Aqua juga sudah mengusung sistem operasi Android Lolipop 5.0 dari sejak pertama dirilis. Tampilan Interface dan menu di dalamnya begitu identik dengan kebanyakan UI pada smartphone Xperia lainnya. Hanya sedikit perbedaan seperti Aplikasi Album atau Musik yang kini memiliki tampilan menu yang lebih bersahabat. Agar tidak terlihat monoton, Sony menyediakan lebih dari 20 theme yang bisa diakses dari menu Personalitation di Menu Setting. Ada theme yang gratis ada juga theme yang berbayar.



Fitur Small Apps juga bisa kamu maksimalkan untuk menjalankan aplikasi seperti Kalkulator, Browser, Email dan Kalender, dengan mode Windows yang  bisa digesert-geser dan dan dijalankan bersamaan. Yang kami sukai dari Sony Xperia M4 Aqua ini adalah kemampuan merekam aktifitas layar secara default. Fitur ini sangat berguna apabila kamu ingin membuat postingan mengenai tutorial misalnya.

Jika disandingkan bersebelahan, Layar Sony Xperia M4 Aqua lebih kekuningan ketimbang Z3+. Padahal, layar keduanya sama persis, Mmasih menggunakan layar IPS. Bisa jadi, keadaan tersebut dipengaruhi oleh ketiadaan Iluminos pada M4 Aqua. Meski begitu, kita bisa mengatur white balance di menu Setting.

baca juga : HP Xiaomi yg tahan air keluaran terbaru

Hardware

Sebagai smartphone kelas menengah Sony Xperia M4 Aqua ditenagai dengan prosesor Snapdragon 615 Octa-Core 1,5 GHz dengan RAM sebesar 2GB. Sementara pilihan Memory Internal yang disediakan adalah 8GB dan 16GB. 

Sebagai catatan, unit yang kami tulis disini adalah unit yang memiliki memory Internal sebesar 8GB dan memiliki storage murni kurang dari 4GB yang bisa digunakan untuk menyimpan data dan instal Aplikasi. Terbilang kecil untuk mengakomodir kebutuhan pengguna smartphone saat ini.



Namun untungnya, keterbatasan memory internal ini bisa diakali dengan menambahkan Micro SD pada slot Micro yang tersedia. Sementara performa komputasi Sony Xperia M4 Aqua bisa diandalkan untuk kebutuhan media sosial dan game saat ini. Skor Antutu yang dihasilkan sebesar 33ribuan.

Performa GPU-nya cukup memuaskan untuk memainkan game Goat Simulator atau Xenowerk. Namun memainkan game tersebut diatas 20 menit bisa membuat body belakang Sony Xperia M4 Aqua menjadi panas dan hal tersebut cukup mengganggu. Saat kami ukur, panasnya bisa mencapai 50 derajat Celcius. Panas sekali ya. Menggunakan casing tambahan mungkin bisa menjadi solusi yang terbaik. Hanya saja, apakah ini menandakan mesin M4 tidak cukup kompetibel untuk memainkan game? Bisa jadi.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Sony Xperia E4

Berbekal baterai 2400mAh, performa ketahanannya tergolong biasa saja. Screen on time yang dimiliki M4 Aqua hanya sekitar 3,5 jam masih jauh tertinggal dengan Z3+ yang bisa mencapai 5 jam.

Kamera

Bentuk fisik dan penempatan kamera Sony Xperia M4 Aqua begitu mirip dengan Z3+. Pun demikian halnya dengan mode foto yang disediakan. Seperti Superior, Auto hingga Manual. Hasil foto dengan kamera belakang 13Mpnya cukup jernih dan detil. Saturasi warnanya tertampil dengan bagus. Ada juga animasi 3D yang bisa ditambahkan untuk menambah keren hasil foto.

Untuk pemakaian dalam ruang, gambar yang ditangkap bisa dibilang lumayan lah hasilnya. Untuk flashnya sendiri juga cukup membantu menghasilkan gambar yang terang. Sementara kamera depan 5MP bisa banget buat nyelfie. Hasilnya keren dan bisa dipake buat foto profil yang engga malu-maluin lah.



Sebagai ponsel yang tahan air, tentu saja bisa digunakan untuk bereksplorasi di dalam air. Foto Under Water bisa dan hal itu adalah perkara yang mudah untuk Sony Xperia M4 Aqua. Hasilnya jelas, jernih dan warnanya keluar.

Overall, performa Sony Xperia M4 Aqua ini tergolong biasa saja. Sedikit peningkatan pada sisi desain dan ketahanan baterai atau panas yang semoga bisa dikurangi untuk seri berikutnya mungkin bisa mensejajarkannya dengan produk sejenis di range harga yang sama seperti Xperia Z3+. Padahal, M4 Aqua ini memiliki sertifikasi tahan air yang tidak dimiliki oleh ponsel sekelasnya.

Buat kamu yang kepingin punya nih ponsel, boleh aja. Silakan intip harga Sony Xperia M4 Aqua di Link INI. Nanti akan muncul halaman baru dari Lazada. Insya Allah aman. Ngga ada macem-macem.

Terima kasih sudah membaca

baca juga : Power Bank Tenaga Surya Murah 100 ribu

Saran Editorial

 
Top