Review Samsung Galaxy A3 2017

Samsung Galaxy A3

News Ponsel - Disaat semua brand berlomba-lomba membuat hape berlayar besar. Brand nomor satu di Indonesia ini malah justru membuat ponsel dengan layar yang kecil. Hal ini cukup membuat kami bergembira, pasalnya tidak semua orang menyukai layar besar. Termasuk kami. Bertemu lagi bersama kami di Review Samsung Galaxy A3 2017.


Samsung Galaxy A3 2017 adalah varian paling kecil dari Samsung Galaxy A series 2017 Kalau kamu ngga suka hape-hape gede, maka ponsel ini jelas akan cocok buat kamu karena punya dimensi yang terbilang kecil untuk hape keluaran sekarang. Ukurannya memang kecil, tapi nyaman di genggaman tangan. Terasa pas aja. Beda banget kalau kamu yang biasa ngegunain ponsel besar. Buat dimainin dengan satu tangan aja bisa banget.

Samsung Galaxy A3


Berbahan metal dan kaca pada bodinya. Pada bagian depan dan belakang sudah menggunakan kaca 2,5D Glass yang sedikit melengkung. Jadi ketika digenggam tuh ngga kerasa ada sudut yang bikin ga nyaman itu. Built Quality-nya top dah. Memiliki detail yang oke sudah pasti membuat hape ini terasa premium banget. Meski ada juga kekurangannya. Tapi kekurangannya tuh masih sama, permukaan hape ini licin banget. Digeletakin sebentar aja pada bidang miring, udah pasti ngegelincir jatuh.

Layar Samsung Galaxy A3 2017 ini sebesar 4,7 inchi beresolusi HD dengan kerapatan 312 ppi. Sudah Super Amoled dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 4 yang akan melindunginya dari retak atau tergores. Untuk ukuran segini, ponsel dengan layar beresolusi HD wuih udah enak banget. Layarnya keliatan tajam banget. Apalagi memakai layar Amoled yang  mempunyai kontras yang juarak. Diajak berdiri di bawah terik matahari, layarnya mesih keliatan jelas. Warna yang dihasilkan layar ini juga sudah bagus banget. Hanya saja, kalau dipakai buat nonton Video rasanya kurang nyaman. Hal itu karena layarnya yang kekecilan kalau untuk nonton video.

Samsung Galaxy A3


Sama seperti kedua saudaranya, Samsung Galaxy A3 ini punya dua varian. Varian Snapdragon dan Exynos. Sudah pasti yang masuk Indonesia adalah versi Exynos. Ponsel ini menggunakan prosesor Exynos 7578 dengan inti Octacore 1,5GHz. Memiliki RAM 1,5GB. Yup, 1,5GB sob agak nanggung gitu yak.

Mempunyai internal storage sebesar 16GB serta didukung GPU Mali T720MP2 sebagai mesin graphicnya. Dual SIM yang bisa 4G LTE, serta baterai 2300mAh. Hanya saja, Dual SIMnya bertipe Hybrid. Jadi kamu harus memilih dengan bijaksana. Akan menggunakan dua SIM tanpa micro SD atau menggunakan satu SIM dengan Micro SD

Performa hape ini cukup baik. Terbukti ketika ditest dengan aplikasi Antutu Benchmark ia mendapat skor 36ribu. Untuk hape kelas menengah, hasil ini tidak mengecewakan.



Seperti yang sudah kami colek sebelumnya, di sektor grafis, Samsung Galaxy A3 menggunakan GPU Mali T720MP2. Performanya sudah ok. Beberapa game HD bisa dimainkan dengan halus. Kendalanya adalah ketika dipakai ngegame agak lama, bagian belakang hape menjadi panas banget.

Mendukung Multi Touch hingga 5 titik, sementara sensor-sensor wajib sudah tersedia, kecuali Gyroscope. Jadi kalau pengin maen Virtual Reality ditahan dulu keinginannya. Walau seri paling bawah, kelas menengah, Samsung Galaxy A3 sudah memiliki fitur NFC.

Speaker Eksternal berada di bagian bawah. Meski hanya menggunakan satu speaker saja, suara yang dihasilkan bersih dan tidak pecah.

Samsung Galaxy A3


Memiliki internal storage yang 16GB memang untuk jaman sekarang terasa kurang ya. Tapi harus banyak bersyukur, karena aplikasi bisa diinstal di Micro SD. Nah, ini bikin galau nih. Jika kamu merasa internal Memory kurang, maka harus menggunakan micro SD sebagai ruang pendukung. Tetapi kamu harus rela menggunakan satu SIM Card saja.

baca juga : Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A5. Kelas sih Middle tapi Rasa Flagship

Tetapi jika kamu ingin berkonektifitas lancar dengan dua SIM Card, maka tidak menggunakan Micro SD. Artinya kamu harus rela dengan 16GB internal memory. Artinya lagi, kamu harus berhemat terhadap aplikasi apa saja yang perlu diinstal dan mana yang tidak perlu.

Sudah kami colek sebelumnya, Samsung Galaxy A3 memiliki baterai 2300mAh. Ya, sekilas memang "ih, kecil amat sih". Tapi apakah itu akan boros?

Tapi dugaan kita salah, sob. Walau dengan baterai yang tergolong imyut, ternyata daya tahan baterai ini jempolan sob. Dengan pemakaian berat ala News Ponsel bisa mendapat screen ontime 5 Jam lebih.

spesifikasi Samsung Galaxy A3


Software Samsung Galaxy A3 memakai Android Lollipop 5.1.1 yang dibalut dengan User Interface TouchWiz. Tampilan Launcher juga standar khas TouchWiz, simple dan smooth. Jika bosan dengan tampilan standar, kamu bisa donlod tema secara gratis di Theme Store. Karena layar yang kecil, maka ukuran grid ikut menyesuaikan menjadi 4x5 yang menurut kami itu adalah pas. Ada fitur Easy Mod yang engga mau ribet. Pada mode ini, tampilan Launcher akan menjadi sangat simple layaknya Featured Phone.

baca juga : Ini dia Samsung Galaxy Note 7 Spesifikasinya kompliiiit

Samsung Galaxy A3 dibekali 13MP dengan bukaan fokus 1.9 serta Led Flash di bagian belakang. Sementara kamera depan sebesar 5MP dan bukaan fokus 1,9 juga. Biasanya kamera dengan spesifikasi tersebut dalam kondisi Low Light akan lebih terang ketimbang lainnya. Hanya saja belum ada OIS atau fitur penstabil gambar. User Interface kamera juga simpel dan mudah digunakan.

spesifikasi Samsung Galaxy A3


Mode standar seperti HDR, Pro, Panorama akan dengan mudah kita temukan di user interface kamera Samsung Galaxy A3. Jika kurang puas dengan mode yang ditawarkan, kita bisa juga donlod mode baru untuk kamera di Samsung Store.

Kualitas hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy A3 cukup bagus dan dapat diandalkan. Warna yang ditangkap cukup akurat. Hanya saja mungkin letak kekurangannya adalah tidak dilengkapi OIS yang membuat hasil tangkapan kamera gampang blur. Untuk perekaman Video, Samsung Galaxy A3 bisa merekam hingga resolusi Full HD pada kamera belakang maupun depan.

baca juga : Inilah Harga Samsung Galaxy J5 dan Spesifikasi TERBARU

Jika kamu ngerasa ngga nyaman dengan hape gede dengan satu tangan? Kami rasa, Samsung Galaxy A3 adalah solusinya. Dengan dimensinya yang kecil, hape ini enak banget dioperasiin dengan satu tangan. Dengan built Quality yang superior menegaskan bahwa hape ini lebih tinggi kelasnya dari hape sekelasnya. Hanya saja, harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari hape sekelasnya.

Samsung memiliki hal yang tidak atau belum dimiliki oleh vendor lain. Yakni Built Quailty dan Layanan Purna Jual yang hingga kini menjadi yang terbaik. Bagus engganya hape ini, pilihan ada pada kamu.

Lantas kira-kira berapa harga Samsung Galaxy A3 2017 ya?

Silakan meluncur ke link yang ada pada gambar di bawah ini. Kamu akan dibawa ke halaman online shop Lazada dan ada harga Samsung Galaxy A3 2017 di sana.

Samsung galaxy a3 2017
klik gambar untuk harga Samsung Galaxy A3 Terbaru

Saran Editorial

 
Top